Feriansyach

Dimensi warga negara bukan hanya Hukum dan Politik, tetapi mencakup berbagai dimensi kehidupan sebagai warga negara (Feriyansyah)

Warga Negara Digital

Warga Negara Digital Melahirkan Budaya Kewarganegaraan Baru (Feriyansyah)
 

Pengertian Civics, Civic Education dan Citizenship Education

Selasa, 12 November 2013

Oleh 
FERIYANSYAH


       Sebagai akademisi PKn kita harus memahami dulu makna dari istilah-istilah yang berkembang dalam kajian Pendidikan Kewarganegaraan. Istilah-itilah Civics, Civic Education, dan Citizenship Education (Civics Education) merupakan tiga istilah untuk merujuk penamaan dari program pendidikan kewarganegaraan. 

               1. Civics (Ilmu Kewarganegaraan)

Cheresore dalam Budimansyah, D dan Suryadi, K (2008:2) mengartikan Civics Sebagai the Science of citizhenship atau Ilmu Kewarganegaraan yang isinya mempelajari hubungan antara individu dan individu dan Negara. Dalam hal ini individu itu sebagai warga negara sehingga civics memepelajari tentang hubungan antara warga negara dan negara.
Kewarganegaraan dalam Bahasa Latin disebut “CIVIS” selanjutanya dari kata “CIVIS” dalam bahasa inggris disebut “Civic” artinya mengenai warga negara atau kewarganegaraan. Dari kata Civic  ini lahirlah kata Civics Ilmu kewarganegaraan, Civic Education dan Pendidikan Kewarganegaraan (Darmadi,2010:7)
Perkembangan kajian mengenai civics tidak lepas dari sejarah perkembangan negara USA (United State of Anerika/ Amerika Serikat). Civics mulaidiperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1790 dalam rangka mengamerikakan bangsa Amerika atau yang terkenal dengan  nama “theory of Americanization” (Darmadi,2010:7) hal ini dikarenakan keberagaman bangsa Amerika yang berasal dari berbagai bangsa yang dating ke Amerika Serikat agar memiliki satu indentitas sebagai bangsa Amerika. Untuk menjadikan orang-orang yang berasal dari berbagai bangsa ini menjadi bangsa Amerika maka diajarkan Civics bagi warga negara Amerika. pada masa tersebut membicarakan masalah government, hak dan kewajiban warga negara dan civics bagian dari ilmu politik. (Darmadi, 2010:8)

2.  Civic Education (Pendidikan Kewaranegaraan)

Mahoney dalam Budimansyah, D dan Surayadi K. (2008)  menjelaskan civic Education merupakan suatu proses pembelajaran semua mata pelajaran, kegiatan siswa, proses adminsitrasi dan pembinaan dalam upaya mengembangkan perilaku warga negara yang baik.
Azyumardi Azra dalam Darmadi (24:2010) Rumusan Civic Education  mencakup :
a.       Pemahaman dasar tentang cara kerja demokrasi dan lembaga-lembaganya
b.      Pemahan tentang “rule of law” dan Hak Asasi Manusia seperti tercermin dalam rumusan-rumusan perjanjian dan kesepakatan internasional dan local
c.       Penguatan ketrampilan partisipasi yang akan memperdayakan peserta didik untuk merespons dan memecahkan masalah-masalah masyarakat secara demokratis.
d.      Pengembangan budaya demokrasi dan perdamaian pada lembaga-lembaga pendidikan dan seluruh aspek kehidupan masyarakat.

3.      Citizenship Education/Civic[s] Education (Pendidikan bagi Warga Negara)
Penulisan istilah Civic[s] Education dengan menggunakan huruf s di belakang kata civic merupakan istilah yang digunakan para ahli untuk menyebutkan Citizenship Education,  (Wahab, Abdul Azis dan Sapriya, 32:2011)  oleh karena itu penulisan istilah ini penting untuk diketahui agar tidak terjadi kesalahan penulisan istilah.
Cogan dan Deriicot dalam  Wahab, Abdul Aziz dan Sapriya (32:2011) menjelaskana mengenai pengertian  lengkap mengenai Citizen, Citizenship dan Citizenship Education : A Citizen was defined as a constituent member of society. Citizenship on the other hand, was said to be a set of characteristic of being a citizen. And finally, Citizenship Education the underlying focal point of a study, was defined as the contribution of education to the development of those characteristic. 

Daftar Bacaan
Budimansyah, D dan Suryadi, K. (2008). PKn dan masyarakat Multikultural. Bandung:Program                        Studi Kewarganegaraan Sekolah Pascasarjana UPI.

Cogan, J.J. (1999). Developing the Civic Society: The Role of Civic Education. Bandung:CICED

Darmadi, Hamid. (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung:Alfabeta

Wahab, Abdul Aziz dan Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan.                              Bandung:Alfabeta . 

 


4 komentar:

CivilyStois mengatakan...

Smart Article :)
Perkenalkan Bg Saya ABDI dari PKn UNIMED dan Sedang melanjut S2 PKn UPI :)

feriansyach mengatakan...

terima kasih saudara ABDI dari S2 PKn UPI...

arlianiPGMI mengatakan...

izin shkare ya kak...

feriansyach mengatakan...

Hahhahah si abdi

Posting Komentar

Comment as a good and Smart Digital Citizens, "say no to plagiat"

Lorem

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Ipsum

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Dolor

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.