Feriansyach

Dimensi warga negara bukan hanya Hukum dan Politik, tetapi mencakup berbagai dimensi kehidupan sebagai warga negara (Feriyansyah)

Warga Negara Digital

Warga Negara Digital Melahirkan Budaya Kewarganegaraan Baru (Feriyansyah)
 

Generasi Z Dalam Perpektif Pendidikan Kewarganegaraan ( To Be Create A Smart and Good Digital Citizens)

Jumat, 17 Januari 2014

Generasi Z Dalam Perpektif Pendidikan Kewarganegaraan 
( Untuk Meciptakan Warga Negara Digital yang Cerdas dan Baik)

Oleh 
FERIYANSYAH

Abstrak

Salah satu perkembangan isu global kontemporer adalah perkembangan teknologi yang kian maju dan modern. Salah satu dampaknya adalah melahirkan generasi baru yang disebut dengan generasi Z. Generasi tersebut tidak lain berasal dari anak-anak hingga orang dewasa. Tetapi yang menarik adalah anak sebagai peserta didik disekolah merupakan bagian dari generasi Z.  Hal ini dikarenakan mereka lahir di era digital dimana jaringan internet bukan lagi hal yang sulit untuk diakses bahkan sudah menjadi kebutuhan. Generasi Z ini merupakan generasi emas yang diproyeksikan sebagai generasi yang hidup ketika NKRI berusia 100 tahun pada tahun 2045.  Sehingga, Generasi Z ini jangan sampai salah mendidiknya karena akan berdampak pada rencana pencapaian rencana Indonesia gold pada tahun 2045 mendatang. Oleh karena itu, PKn memiliki tanggung jawab yang besar mempersiapkan mereka untuk menjadi warga negara yang siap mengambil peran maksimal sebagai warga negara digital. Menjadi suatu keharusan untuk mendidik Generasi  digital atau Generasi Z menjadi warga negara digital yang cerdas dan baik (smart and good Digital Citizens) dalam menggunakan teknologi. Kecerdasan berteknologi tersebut akan menopang kehidupan yang harmonis baik di masyarakat nyata (real) dan di masyarakat digital. Sebagai salah satu dari perkembangan kajian kewarganegaraan di era digital tentang bagaimana mempersiapkan warga negara  memiliki kecerdasan berteknologi (technological Intelegences) agar menjadi warga negara digital yang cerdas dan baik melaui program Pendidikan Kewarganegaraan. Oleh karena itu PKn dapat menjadi sebuah pendidikan disiplin ilmu untuk mempersiapkan generasi Z untuk menjadi warga negara digital yang cerdas dan baik.
Kata Kunci : Pendidikan Kewarganegaraan, Generasi Z, Warga Negara Digital, Masyarakat digital.

Tulisan ini dipublikasi dalam Prosiding : Seminar Nasional Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Implementasi Kurikulum PKn 2013  Diterbitkan oleh Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). ISBN 978-602-8418-26-3

0 komentar:

Posting Komentar

Comment as a good and Smart Digital Citizens, "say no to plagiat"

Lorem

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Ipsum

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Dolor

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.