Feriansyach

Dimensi warga negara bukan hanya Hukum dan Politik, tetapi mencakup berbagai dimensi kehidupan sebagai warga negara (Feriyansyah)

Warga Negara Digital

Warga Negara Digital Melahirkan Budaya Kewarganegaraan Baru (Feriyansyah)
 

Membangun Kecerdasan Teknologi (Technological Intelegences) Warga Negara Di Era Digital

Jumat, 17 Januari 2014

Membangun Kecerdasan Teknologi (Technological Intelegences) Warga Negara Di Era Digital

Oleh
FERIYANSYAH
Umat manusia saat ini telah memasuki era kemajuan teknologi yang begitu pesat. Manusia saat ini senantiasa terhubung dengan Gadget yang ada di genggaman mereka dengan terkoneksi oleh jaringan internet. Internet yang merupakan anak kandung dari kemajuan Teknologi terutama teknologi informasi dan Komunikasi, bukan lagi suatu yang sulit untuk di akses bahkan saat ini internet telah berubaha menjadi kebutuhan manusia untuk berkomunikasi. Saat ini alat-alat telekomunikasi menjadikan jaringan internet sebagai fitur utama agar dapat terkoneksi dengan sosial media yang populer seperti facebook, twitter, e-mail, dan sebagainya.

Belakangan ini banyak kasus yang timbul awalnya dari dunia maya (Sosial media) yang berdampak besar di masyarakat. Seperti : kasus curhatan Prita di Milis , Video pelecehkan gerakan shalat oleh Siswi SMA yang diunggah di Youtube, suami yang meng-unggah ketika berhubungan suami istri yang dikarenakan dendam dengan mantan istrinya, dan yang terakhir peristiwa seorang mahasiswi yang menunjukkan kemarahannya di twitter dengan men-twet  pernyatakan yang menyinggung sebuah fakultas dikampusnya yang berujung sanksi dari kampus kepada mahasiswi tersebut, selanjutnya foto atau video pribadi yang menyebar di dunia maya diakibatkan kelalaian dan ketidak sengajaan.
Peristiwa-peristiwa di atas sebenarnya disebabkan faktor utama bahwa kecerdasan berteknologi warga negara kita masih kurang. Negara seakan lupa menyiapkan warga negara untuk menghadapi kemajuan teknologi. Padahal Kemajuan Teknologi tidak dapat lagi di hindari oleh warga negara (manusia). Negara sebagai otoritas tertinggi seharusnya membentuk warga negara agar mampu menggunakan teknologi secara cerdas dan bijak. Oleh karena itu, Negara penting untuk membangun kecerdasan teknologi.
Membangun kecerdasan Teknologi (technologi Intelegences) diharapkan dapat ter-integrasi dalam kurikulum nasional. Istilah Kecerdasan Teknologi (Technological Intelegences) pertama kali saya dapatkan dari salah satu kutipan buku Prof. Udin S. Winataputra dan Prof Dasim Budimansyah,  berkaitan dengan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Abad 21.  Beliau menyatakan :
“ Visi – Kurikulum dan Pembelajaran PKn di Abad 21 – pada dasarnya terpusat pada pengembangan “learning intellegence” dalam dimensi-dimensi “Social, cultural. Political, economic, and technological intelligences…” (Winataputra dan Budimansyah 2012:3). 

Dari pernyataan beliau bahwa Warga negara di Abad 21 diharapkan menjadi “Civic Learner” warga negara pembelajar, dengan pengemangan kecerdasan belajar, Globalisasi dan kemajuan teknolgi menjadi hal yang dihadapi  warga negara.  Sehingga, warga negara terutama warga negara muda harus dibekali oleh  Kecerdasan Teknologi (technological Intelegences) untuk menyongsong era digital. 

Pendidikan tidak bisa hanya diam menyambut Perubahan-perubahan yang terjadi karena Ilmu (ilmu pendidikan) selalu tertinggal selangkah dari kondisi saat ini. Sehingga Ilmu Pendidikan harus terus mengkaji bagaimana mempersiapkan warga negara yang mampu berkontribusi di era digital. 

Ketika Warga Negara memiliki Kecerdasan Ber-teknologi tinggi maka peristiwa sebagaimana diatas tidak akan  terjadi lagi. Dengan kecerdasan ber-teknologi maka warga negara secara sadar mampu memilah perbuatan positif yang dilakukan ketika menggunakan teknologi terutama Teknologi Informasi dan Komunikasi. Warga negara juga dapat memafaat teknologi secara optimal untuk keuntungan dirinya ketika memiliki Kecerdasan Teknologi. 

Kemajuan Teknologi tidak dapat dihindari umat manusia, sehingga yang bisa kita lakukan adalah menyiapkan diri kita dan generasi muda untuk siap menyongsong era Digital ini dengan Kecerdasan ber-Teknologi (technological Intelegences). 

Mahasiswa  Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan 
aktif di Permata Sumut Community
www.permatasumut.blogspot.com
Editor " Alan Mubarak ' www.e-educasiana.blogspot.com "
Tulisan ini dipublikasikan juga di 
1. http://e-educasiana.blogspot.com/2013/09/membangun-kecerdasan-teknologi.html
2. http://citizenshipstudycentre.blogspot.com/2013/09/membangun-kecerdasan-teknologi.html

0 komentar:

Posting Komentar

Comment as a good and Smart Digital Citizens, "say no to plagiat"

Lorem

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Ipsum

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.

Dolor

Please note: Delete this widget in your dashboard. This is just a widget example.